Selasa, 19 Maret 2013

Didikan Akademi La Masia Tembus 3 Finalis Ballon d’Or 2011


Ballon d'Or

Seperti yang sudah diumumkan oleh berbagai media, Ballon d’Or dikuasai oleh tiga pemain Barcelona. Andres Iniesta, Lionel Messi, dan Xavi Hernandez menempati tiga terbaik dalam nominasi kategori Pemain Pria Terbaik. Sebelumnya, FIFA merilis 33 nama dari berbagai klub dan negara yang kini tinggal menyisakan tiga pemain terbaik berasal dari FC Barcelona. Tak hanya pemain, pelatih Pep Guardiola juga masuk ke dalam nominasi Pelatih Terbaik.

Bagi FC Barcelona, peristiwa ini menjadi catatan sejarah, karena untuk pertama kalinya tiga besar nominasi pemain terbaik berasal dari klub. Lebih spesial lagi, ketiga nama adalah asli didikan akademi La Masia.
Bagi Messi, ini adalah keempat kali ia masuk dalam nominasi Ballon d’Or setelah sebelumnya menempati peringkat 3 (2007), peringkat 2 (2008), dan peringkat 1 (2009). Dengan catatan itu, mesin gol Barca menyamai mantan pemain Spanyol Raymond Kopa yang menjadi nomimator di tahun 1956-1959.
Bagi otak permainan Barca, Xavi, ini adalah kedua kali, setelah menempati peringkat ketiga di tahun 2009. Sedangkan pencetak gol penentu juara Piala Dunia, Iniesta, ini adalah kali pertama namanya disebut dalam tiga besar nominasi.
Pelatih Pep Guardiola menempatkan dirinya sebagai kandidat pelatih terbaik bersama Pelatih Juara Dunia Vincente del Bosque dan mamtan pelatih Juara Liga Champions musim lalu, Jose Mourinho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar