Gambar Hiasan
Kemunculan sebuah bangsa yang
akan mencipta kekacauan serta kerosakan di muka bumi telah ditakdirkan
Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai salah satu penanda kiamat besar.
Siapakah dan bagaimanakah mereka?
Di dalam beberapa hadis tentang
tanda-tanda hari kiamat kubra (besar), disebutkan ada sepuluh tanda hari
kiamat. Di antaranya adalah keluarnya Ya`juj dan Ma`juj.
Berita tentang keluarnya Ya`juj dan Ma`juj bukan hanya mutawatir, bahkan disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya’ ayat 96-97:
حَتَّى
إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ
يَنْسِلُونَ. وَاقْتَرَبَ الْوَعْدُ الْحَقُّ فَإِذَا هِيَ شَاخِصَةٌ
أَبْصَارُ الَّذِينَ كَفَرُوا يَاوَيْلَنَا قَدْ كُنَّا فِي غَفْلَةٍ مِنْ
هَذَا بَلْ كُنَّا ظَالِمِينَ.
Maksudnya: "Hingga apabila
dibukakan (dinding) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat
dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah datangnya janji yang
benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang
yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami
dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang
zalim.”
Ibnu Katsir rahimahullahu
menerangkan: mereka adalah dari keturunan Adam ‘alaihissalam dari
keturunan Nabi Nuh ‘alaihissalam, dari anak keturunan Yafits yakni nenek
moyang bangsa Turki yang terkurung oleh benteng tinggi yang dibangun
oleh Dzulqarnain.
Sedangkan makna “min kulli
hadabin yansilun” diterangkan oleh Ibnu Katsir rahimahullahu: yakni
turun dari tempat-tempat yang tinggi dengan cepat dengan membuat
kerosakan.
Demikian pula disebutkan dalam surat Al-Kahfi ayat 94:
قَالُوا
يَاذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي
اْلأَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَى أَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا
وَبَيْنَهُمْ سَدًّا
Maksudnya: “Wahai Dzulqarnain,
sesungguhnya Ya`juj wa Ma`juj merosakkan di permukaan bumi, kami akan
siapkan imbalan yang besar agar kiranya engkau membuatkan benteng antara
kami dengan mereka.”
Adapun kalimah yang menunjukkan
bahawa runtuhnya benteng Dzulqarnain dan keluarnya Ya`juj wa Ma`juj
sebagai tanda dekatnya hari kiamat adalah ucapan Allah Subhanahu wa
Ta’ala pada ayat ke-98:
هَذَا رَحْمَةٌ مِنْ رَبِّي فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ
Maksudnya: “Ini adalah rahmat dari Rabbku, maka apabila sudah datang janji Rabb-ku Dia akan menjadikannya hancur luluh…..”
Ibnu Katsir rahimahullahu
menyatakan: “Ini adalah dalil yang menunjukkan bahawa mereka tidak akan
dapat melubanginya sedikitpun…”
Sedangkan makna “Jika datang
janji Rabbku” adalah: Jika telah dekat hari kiamat, Allah Subhanahu wa
Ta’ala akan runtuhkan benteng tersebut. Demikian dikatakan oleh Ibnu
Katsir rahimahullahu.
Ya`juj wa Ma`juj dari keturunan Adam ‘alaihissalam
Ya’juj dan Ma’juj adalah dari
jenis manusia keturunan Adam ‘alaihissalam. Tidak seperti yang
digambarkan oleh sebahagian orang bahawa mereka bukanlah dari keturunan
manusia. Hanya sahaja mereka adalah orang-orang yang merosak serta
memiliki sifat dan perangai yang Allah Subhanahu wa Ta’ala takdirkan
kepada mereka tidak seperti manusia pada umumnya.
Dalil yang menunjukkan bahawa
mereka dari jenis manusia keturunan Adam ‘alaihissalam adalah apa yang
diriwayatkan dalam Sahih Bukhari dalam Kitabul Anbiya’ bab Qishah Ya’juj
dan Ma’juj, dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِي اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يَقُولُ اللهُ تَعَالَى: يَا آدَمُ.
فَيَقُولُ: لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ فِي يَدَيْكَ. فَيَقُولُ:
أَخْرِجْ بَعْثَ النَّارِ. قَالَ: وَمَا بَعْثُ النَّارِ؟ قَالَ: مِنْ
كُلِّ أَلْفٍ تِسْعَ مِائَةٍ وَتِسْعَةً وَتِسْعِينَ فَعِنْدَهُ يَشِيبُ
الصَّغِيرُ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ
سُكَارَى وَمَا هُمْ بِسُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ ﭼ.
قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ وَأَيُّنَا ذَلِكَ الْوَاحِدُ؟ قَالَ:
أَبْشِرُوا فَإِنَّ مِنْكُمْ رَجُلًا وَمِنْ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ أَلْفًا
…
Allah Subhanahu wa Ta’ala
berfirman kepada Adam: “Wahai Adam.” Maka Adam menjawab: “Labbaika wa
sa’daika wal khairu fi yadaika (Aku sambut panggilan-Mu dengan senang
hati dan kebaikan semuanya di tangan-Mu).” Kemudian Allah Subhanahu wa
Ta’ala berfirman: “Keluarkan utusan (penghuni) neraka.” Maka Adam
bertanya: “Apa itu utusan (penghuni) neraka?” Allah Subhanahu wa Ta’ala
berfirman: “Mereka dari setiap seribu orang, sembilan ratus sembilan
puluh sembilan orang!” Maka ketika itu anak kecil menjadi beruban,
setiap yang hamil melahirkan apa yang dikandungnya, dan kamu lihat
orang-orang seakan-akan mabuk padahal mereka tidak mabuk, tetapi kerana
azab Allah Subhanahu wa Ta’ala yang sangat keras. Kemudian para sahabat
bertanya: “Siapa satu yang selamat dari kita itu, wahai Rasulullah?”
Rasulullah menjawab: “Bergembiralah, sesungguhnya penghuni neraka itu
dari kamu satu dan dari Ya’juj dan Ma’juj seribu….” (HR. Al-Bukhari
dengan Fathul Bari, juz 6 hal. 382)
Dari hadis di atas kita dapatkan beberapa faedah:
Pertama: Ya’juj dan Ma’juj adalah calon penghuni neraka.
Kedua: jumlah Ya’juj dan Ma’juj sangat besar.
Ketiga: bahawa Ya’juj dan Ma’juj dari jenis manusia keturunan Adam.
Sifat-sifat Ya`juj dan Ma`juj
Walaupun mereka dari jenis
manusia keturunan Adam, namun mereka memiliki sifat khas yang berbeza
dari manusia biasa. Ciri utama mereka adalah perosak dan jumlah mereka
yang sangat besar sehingga ketika mereka turun dari gunung seakan-akan
air bah yang mengalir, tidak pandai berbicara dan tidak fasih, bermata
kecil (sepet), berhidung kecil, lebar mukanya, merah warna kulitnya
seakan-akan wajahnya seperti perisai dan lain-lain sifat.
Disebutkan dalam riwayat Al-Imam Ahmad rahimahullahu, dari Ibnu Harmalah, dari makciknya, dia berkata:
خَطَبَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَاصِبٌ
إِصْبَعَهُ مِنْ لَدْغَةِ عَقْرَبٍ فَقَالَ: إِنَّكُمْ تَقُولُونَ لاَ
عَدُوَّ وَإِنَّكُمْ لاَ تَزَالُونَ تُقَاتِلُونَ عَدُوًّا حَتَّى يَأْتِيَ
يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ عِرَاضُ الْوُجُوهِ صِغَارُ الْعُيُونِ شُهْبُ
الشِّعَافِ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ كَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الْمَجَانُّ
الْمُطْرَقَةُ
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallam berkhutbah dalam keadaan jarinya dibalut kerana disengat
kalajengking. Baginda bersabda: “Kamu mengatakan tidak ada musuh.
Padahal sesungguhnya kamu akan terus memerangi musuh sampai datangnya
Ya’juj dan Ma’juj, lebar mukanya, kecil (sepet) matanya, dan ada warna
putih di rambut atas. Mereka mengalir dari tempat-tempat yang tinggi,
seakan-akan wajah-wajah mereka seperti perisai.” (HR. Ahmad)
Ya`juj dan Ma`juj Sudah Ada Sekarang
Ya`juj dan Ma`juj sudah ada dan
terus dalam keadaan turun-temurun (beranak pinak), tidak meninggal satu
orang dari mereka, kecuali lahir seribu orang lebih. Sebagaimana
disebutkan dalam riwayat Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma yang
diriwayatkan Al-Hakim rahimahullahu dalam Mustadrak-nya.
Namun alhamdulillah Allah
Subhanahu wa Ta’ala telah bentengi mereka dari kita, iaitu dengan sebab
menakdirkan munculnya Dzulqarnain yang dengan kemampuannya membuat
benteng yang terbuat dari besi dan tembaga.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
ثُمَّ
أَتْبَعَ سَبَبًا. حَتَّى إِذَا بَلَغَ بَيْنَ السَّدَّيْنِ وَجَدَ مِنْ
دُونِهِمَا قَوْمًا لاَ يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ قَوْلاً. قَالُوا يَاذَا
الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي اْلأَرْضِ
فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَى أَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ
سَدًّا. قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ
أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا. آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ
حَتَّى إِذَا سَاوَى بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا حَتَّى إِذَا
جَعَلَهُ نَارًا قَالَ ءَاتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا. فَمَا
اسْطَاعُوا أَنْ يَظْهَرُوهُ وَمَا اسْتَطَاعُوا لَهُ نَقْبًا. قَالَ هَذَا
رَحْمَةٌ مِنْ رَبِّي فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ
وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا
Maksudnya: “Kemudian dia
menempuh suatu jalan (yang lain lagi). Hingga apabila dia telah sampai
di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan keduanya, suatu kaum
yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata: ‘Hai
Dzulqarnain, sesungguhnya Ya`juj dan Ma`juj itu orang-orang yang membuat
kerosakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan suatu pembayaran
kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?’
Dzulqarnain berkata: ‘Apa yang telah dikuasakan oleh Rabbku kepadaku
terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan
(manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan
mereka, berilah aku potongan-potongan besi.’ Hingga apabila besi itu
telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah
Dzulqarnain: ‘Tiuplah (api itu).’ Hingga apabila besi itu sudah menjadi
(merah seperti) api, diapun berkata: ‘Berilah aku tembaga (yang
mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu.’ Maka mereka tidak
dapat mendakinya dan mereka tidak dapat (pula) melubanginya. Dzulqarnain
berkata: ‘Ini (dinding) adalah rahmat dari Rabbku, maka apabila sudah
datang janji Rabb-ku Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji
Rabbku itu adalah benar’.” (Al-Kahfi: 92-98)
Kesombongan Ya`juj dan Ma`juj
Ya`juj dan Ma`juj ketika keluar
tidaklah melalui sesuatu kecuali dirosaknya. Tidaklah melalui danau
kecuali meminumnya hingga habis. Tidaklah mendapati manusia kecuali
dibunuhnya sampai ketika mereka merasa menang membantai seluruh penduduk
bumi, mereka menentang penduduk langit. Inilah kesombongan yang luar
biasa dari Ya`juj wa Ma`juj.
ثُمَّ
يَسِيرُونَ حَتَّى يَنْتَهُوا إِلَى جَبَلِ الْـخُمَرِ وَهُوَ جَبَلُ
بَيْتِ الْمَقْدِسِ فَيَقُولُونَ: لَقَدْ قَتَلْنَا مَنْ فِي اْلأَرْضِ
هَلُمَّ فَلْنَقْتُلْ مَنْ فِي السَّمَاءِ. فَيَرْمُونَ بِنُشَّابِهِمْ
إِلَى السَّمَاءِ فَيَرُدُّ اللهُ عَلَيْهِمْ نُشَّابَهُمْ مَخْضُوبَةً
دَمًا
“Kemudian mereka berjalan dan
berakhir di gunung Khumar, iaitu salah satu gunung di Baitul Maqdis.
Kemudian mereka berkata: “Kita telah membantai penduduk bumi, mari kita
membantai penduduk langit.” Maka mereka melemparkan panah-panah dan
tombak-tombak mereka ke langit. Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala
kembalikan panah dan tombak-tombak mereka dalam keadaan berlumuran
darah.” (HR. Muslim dalam kitab Al-Fitan wa Asyrathus Sa’ah)
Yakni mereka mengira bahawa
darah tersebut bukti kemenangan mereka melawan penduduk langit. Maka
Allah Subhanahu wa Ta’ala binasakan seluruhnya pada ketika kemuncak
kesombongan mereka dalam waktu yang hampir bersamaan.
Binasanya Ya'juj dan Ma'juj dengan doa Nabi Isa ‘alaihissalam
Diriwayatkan dari An-Nawwas Ibni Sam’an radhiyallahu ‘anhu dalam hadis yang panjang. Di antaranya sebagai berikut:
إِذْ
أَوْحَى اللهُ إِلَى عِيسَى إِنِّي قَدْ أَخْرَجْتُ عِبَادًا لِي لاَ
يَدَانِ لِأَحَدٍ بِقِتَالِهِمْ فَحَرِّزْ عِبَادِي إِلَى الطُّورِ
وَيَبْعَثُ اللهُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ
يَنْسِلُونَ فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ
فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا وَيَمُرُّ آخِرُهُمْ فَيَقُولُونَ لَقَدْ كَانَ
بِهَذِهِ مَرَّةً مَاءٌ وَيُحْصَرُ نَبِيُّ اللهِ عِيسَى وَأَصْحَابُهُ
حَتَّى يَكُونَ رَأْسُ الثَّوْرِ لِأَحَدِهِمْ خَيْرًا مِنْ مِائَةِ
دِينَارٍ لِأَحَدِكُمُ الْيَوْمَ فَيَرْغَبُ نَبِيُّ اللهِ عِيسَى
وَأَصْحَابُهُ فَيُرْسِلُ اللهُ عَلَيْهِمُ النَّغَفَ فِي رِقَابِهِمْ
فَيُصْبِحُونَ فَرْسَى كَمَوْتِ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ يَهْبِطُ نَبِيُّ
اللهِ عِيسَى وَأَصْحَابُهُ إِلَى اْلأَرْضِ فَلاَ يَجِدُونَ فِي اْلأَرْضِ
مَوْضِعَ شِبْرٍ إِلاَّ مَلَأَهُ زَهَمُهُمْ وَنَتْنُهُمْ فَيَرْغَبُ
نَبِيُّ اللهِ عِيسَى وَأَصْحَابُهُ إِلَى اللهِ فَيُرْسِلُ اللهُ طَيْرًا
كَأَعْنَاقِ الْبُخْتِ فَتَحْمِلُهُمْ فَتَطْرَحُهُمْ حَيْثُ شَاءَ اللهُ
ثُمَّ يُرْسِلُ اللهُ مَطَرًا لاَ يَكُنُّ مِنْهُ بَيْتُ مَدَرٍ وَلاَ
وَبَرٍ فَيَغْسِلُ اْلأَرْضَ حَتَّى يَتْرُكَهَا كَالزَّلَفَةِ ثُمَّ
يُقَالُ لِلْأَرْضِ أَنْبِتِي ثَمَرَتَكِ وَرُدِّي بَرَكَتَكِ…
Ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala
mewahyukan kepada Isa ‘alaihissalam: Sesungguhnya aku mengeluarkan
hamba-hamba-Ku yang tidak ada kemampuan bagi seorang pun untuk
memeranginya. Maka biarkanlah mereka hamba-hamba-Ku menuju Thuur. Lalu
Allah Subhanahu wa Ta’ala keluarkan Ya’juj dan Ma’juj dan mereka
mengalir dari tiap-tiap tempat yang tinggi. Kemudian mereka melewati
danau Thabariyah, dan meminum seluruh air yang ada padanya. Hingga
ketika barisan paling belakang mereka sampai di danau tersebut mereka
berkata: “Sungguh dahulu di sini masih ada airnya.” Ketika itu
dikepunglah Nabiyullah Isa ‘alaihissalam dan para sahabatnya. Hingga
kepala sapi ketika itu lebih berharga untuk mereka daripada seratus
dinar kamu sekarang ini. Maka Isa dan para sahabatnya berharap (berdoa)
kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala pun
mengirim sejenis ulat yang menyerang leher mereka. Maka pagi harinya
mereka seluruhnya binasa menjadi bangkai-bangkai dalam waktu yang hampir
bersamaan. Kemudian turunlah (dari gunung Thuur) Nabiyullah Isa dan
para sahabatnya, maka tidak didapati satu jengkal pun tempat kecuali
dipenuhi oleh bangkai dan bau busuk mereka. Maka Nabi Isa ‘alaihissalam
pun berharap (berdoa) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka Allah
Subhanahu wa Ta’ala mengirimkan burung-burung yang lehernya seperti
unta, membawa bangkai-bangkai mereka dan kemudian dilemparkan di tempat
yang Allah Subhanahu wa Ta’ala kehendaki. Kemudian Allah kirimkan hujan
yang tidak meninggalkan satu pun rumah mahupun kemah, lalu membasahi
bumi hingga menjadi licin. Kemudian dikatakan kepada bumi itu:
‘Tumbuhkanlah buah-buahanmu dan kembalilah berkatmu...” (HR. Muslim)
Wajib Beriman dengan berita Ya`juj wa Ma`juj
Berita tentang Ya`juj wa Ma`juj
adalah berita dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya, sehingga
seorang muslim yang beriman wajib menerimanya. Bukankah ciri-ciri orang
yang bertakwa adalah beriman kepada hal ghaib yang dikhabarkan oleh
Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya? Dan termasuk hal yang ghaib
adalah apa yang akan terjadi pada akhir zaman, termasuk berita akan
keluarnya Ya`juj wa Ma`juj?
Namun sebahagian kaum muslimin,
khususnya kaum Mu’tazilah dan para rasionalis atau orang-orang yang
terpengaruh oleh mereka, menolak berita-berita hadis yang -menurut
anggapan mereka- tidak masuk akal. Mereka menganggap hadis-hadis
tersebut hanya akan membuat orang lari dari Islam.
Ketika mereka mendengarkan
hadis-hadis tentang diangkatnya Nabi Isa ‘alaihissalam dalam keadaan
hidup, akan turunnya baginda pada akhir zaman, berita tentang Dajjal
-yang sudah ada wujudnya dalam keadaan terbelenggu- atau tentang Ya`juj
wa Ma`juj yang masih beranak-pinak dan terus menerus berupaya untuk
keluar dari benteng yang dibuat oleh Dzulqarnain, dan lain-lainnya.
Mereka benar-benar gelisah, panas dadanya seraya berkata: “Untuk apa
hadis-hadis seperti ini disampaikan. Hadis-hadis ini akan menjadikan
manusia semakin jauh dari Islam.” Mereka melontarkan olok-olok, celaan,
dan berbagai macam ucapan penolakan terhadap hadis-hadis tersebut.
Keadaan mereka ini serupa seperti yang dikatakan oleh para ulama tentang
ahlul bid’ah:
Ahmad bin Sinan Al-Qaththan
rahimahullahu berkata: ”Tidak ada di dunia ini seorang mubtadi’ (ahli
bid’ah) pun kecuali akan membenci ahlil hadis. Jika seseorang
mengada-adakan kebid’ahan nescaya akan dicabut kelazatan hadis dari
hatinya.” (Aqidatussalaf wa Ashhabul Hadits hal. 300)
Abu Nashr bin Sallam Al-Faqih
rahimahullahu berkata: “Tidak ada sesuatu yang lebih berat dan lebih
dibenci bagi orang-orang mulhid (sesat) daripada mendengarkan hadis
dengan riwayat dan sanadnya.” (Aqidatus Salaf Ashhabil Hadits hal. 302)
Penutup
Sebagai nasihat dan peringatan untuk kita dan seluruh kaum muslimin, kami nukilkan beberapa ucapan para ulama dalam masalah ini:
Al-Imam Ahmad bin Hambal
rahimahullahu menyatakan: “Barangsiapa yang menolak hadis Nabi
Shallallahu ‘alaihi sa wallam, maka dia berada di pinggir jurang
kehancuran.” (Thabaqat Al-Hanabilah, 2/11 dan Al-Ibanah, 1/269; lihat
Ta’zhimus Sunnah hal. 29)
Al-Imam Al-Barbahari
rahimahullahu menegaskan: “Jika engkau mendengar seseorang mencela
riwayat-riwayat (yakni riwayat hadis yang sahih), menolaknya atau
menginginkan selainnya, maka curigailah keislamannya dan jangan ragu
kalau dia adalah pengekor hawa nafsu, ahlul bid’ah.” (Syarhus Sunnah
hal. 51)
Abul Qashim Al-Ashbahani
rahimahullahu menerangkan: Ahlus Sunnah dari kalangan salaf berkata:
“Barangsiapa mencerca riwayat-riwayat hadis, maka selayaknya untuk
dituduh keislamannya.” (Al-Hujjah fi Bayanil Mahajjah 2/248. Lihat
Ta’zhimus Sunnah, hal. 29)
Al-Imam Az-Zuhri rahimahullahu
–imamnya para imam pada zamannya- berkata: “Dari Allah Subhanahu wa
Ta’ala keterangannya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang
menyampaikannya, maka kewajiban kita adalah menerimanya.” (Aqidatus
Salaf Ashhabil Hadits, hal. 249)
Beliau rahimahullahu berkata
juga: “Diriwayatkan dari salaf bahawa kaki Islam tidak akan kokoh,
kecuali di atas dasar at-taslim (yakni menerima dan tunduk pada seluruh
ucapan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya, pent.).” (Aqidatus Salaf
Ashhabul Hadits hal. 200). Wallahu a’lam.
Penulis: Al-Ustadz Muhammad Umar As-Sewed
Disunting oleh: Abu Soleh
Sumber: http://asysyariah.com/print.php?id_online=590
Tidak ada komentar:
Posting Komentar